Interaval IQ (+Test IQ Mu Disini!)

Bagaimana menghitung tingkat IQ ( Intellegent Quotient) seseorang ? melalui psikotest yang memiliki banyak metode atau cara. Para ahli berbeda dalam menentukan ukuran soal ini. Berikut ini akan sedikit dipaparkan dan bisa dijadikan gambaran untuk menilai :

Klasifikasi IQ berbeda untuk setiap metode test yang digunakan.

  • Stanford-Binet : mengklasifikasikan nilai IQ normal yang berkisar diantara 85 – 115.
  • Lewis Terman : mengklasifikasikan nilai IQ normal pada kisaran 90 – 109. Lebih jauh lagi,
  • Wechsler : mengklasifikasikan IQ normal pada angka 100 dengan nilai toleransi 15 (berarti 85 – 115).

Dikarenakan perbedaan ini, maka selain nilai IQ yang didapat, harus diperhatikan pula metode test apa yang digunakan. Untuk klasifikasi umum, saat kita tidak mengetahui metode apa yang digunakan. Bisa menggunakan klasifikasi dibawah ini (hasil kompromi ketiga metode diatas).

  • <79 = Tingkat IQ rendah atau keterbelakangan mental.
  • 80 – 90 = Tingkat IQ rendah yang masih dalam kategori normal (Dull Normal)
  • 91 – 110 = Tingkat IQ normal atau rata-rata
  • 111 – 120 = Tingkat IQ tinggi dalam kategori normal (Bright Normal)
  • 120 – 130 = Tingkat IQ superior
  • >130 = Tingkat IQ sangat superior atau jenius.

 

Penjelasan klasifikasi kategori lain.

A. Idiot IQ (0-29)
Idiot merupakan kelompok individu terbelakang paling rendah. Tidak dapat berbicara atau hanya mengucapkan beberapa kata saja. Biasanya tidak dapat mengurus dirinya sendiri seperti mandi, berpakaian, makan dan sebagainya, dia harus diurus oleh orang lain. Anak idiot tinggal ditempat tidur seumur hidupnya. Rata-rata perkembangan intelegensinya sama dengan anak normal 2 tahun. Sering kali umurnya tidak panjang, sebab selain intelegensinya rendah, juga badannya kurang tahan terhadap penyakit.

B. Imbecile IQ (30-40)
Kelompok Anak imbecile setingkat lebih tinggi dari pada anak idiot. Ia dapat belajar berbahasa, dapat mengurus dirinya sendiri dengan pengawasan yang teliti.Pada imbecile dapat diberikan latihan-latihan ringan, tetapi dalam kehidupannya selalu bergantung kepada orang lain, tidak dapat mandiri. Kecerdasannya sama dengan anak normal berumur 3 sampai 7 tahun.Anak-anak imbecile tidak dapat dididik di sekolah biasa.

C.Moron atau Debil IQ / Mentally retarted (50-69)
Kelompok ini samapi tingkat tertentu masih dapat belajar membaca, menulis, dan membuat perhitungan sederhana, dapat diberikan pekerjaan rutin tertentu yang tidak memerlukan perencanaan dan dan pemecahan. Banyak anak-anak debil ini mendapat pendidikan di sekolah-sekolah luar biasa.

D.Kelompok bodoh IQ dull/ bordeline (70-79)
Kelompok ini berada diatas kelompok terbelakang dan dibawah kelompok normal (sebagai batas). Secara bersusah paya dengan beberapa hambatan, individu tersebut dapat melaksanakan sekolah lanjutan pertama tetapi sukar sekali untuk dapat menyelesaikan kelas-kelas terakhir di SLTP

E. Normal rendah (below avarage), IQ 80-89
Kelomok ini termasuk kelompok normal,rata-rata atau sedang tapi pada tingakat terbawah, mereka agak lambat dalam belajarnya, mereka dapat menyelesaikan sekolah menengah tingkat pertama tapi agak kesulitan untuk dapat menyelesaikan tugas-tugas pada jenjang SLTA.

F. Normal sedang, IQ 90-109
Kelompok ini merupkan kelompok normal atau rata-rata, mereka merupkan kelompok terbesar presentasenya dalam populasi penduduk.


G. Normal tinggi (above average) IQ 110-119

Kelompok ini merupakan kelompok individu yang normal tetapi berada pada tingkat yang tinggi.


H. Cerdas (superior) ,IQ 120-129

Kelompok ini sangat berhasil dalam pekerjaan sekolah/akademik. Mereka reringkali tedapat pada kelas biasa. Pimpinan kelas biasanya berasal dari kelompok ini.

I. Sangat cerdas (very superior/ gifted) IQ 130-139
Anak-anak very superior lebih cakap dalam membaca, mempunyai pengetahuan yang sangat baik tentang bilangan, perbendaharaan kata yang luas, dan cepat memahami pengertian yang abstrak. Pada umumnya, faktor kesehatan, ketangkasan, dan kekuatan lebih menonjol dibandingkan anak normal.

J. Genius IQ 140 >
Kelompok ini kemampuannya sangat luar biasa. Mereka pada umumnya mempunyai kemampuan untuk menyelesaikan masalah dan menemuka sesuatu yang baru meskipun dia tidak besekolah. Kelompok ini berada pada seluruh ras dan bangsa, dalam semua tingkat ekonomi baik laki-laki maupun perempuan. Contoh orang-orang genius ini adalah Edison dan Einstein.

Dan menurut data yang didapat  % dari Populasi dunia
>130 = Sangat superior (2.2%)
120-129  = Superior (6.7%)
110-119 = Rata-rata plus (16.1%)
90-109 = Rata-rata (50%)
80-89 = Rata-rata minus (16.1%)
70-79 = Garis batas (6.7%)
<70 = Sangat rendah (2.2%)

JENIS KECERDASAN

IQ bukan satu-satunya kecerdasan yang dimiliki otak manusia. Bahkan IQ hanyalah 1/8 dari seluruh macam kecerdasan. Tepatnya ada 8 (delapan) tipe kecerdasan manusia sebagai berikut:

linguistik:

1. Kecerdasan linguistik, yakni kecerdasan dalam bermain kata-kata (kebahasaan).
ciri khas = Kecerdasan linguistik: cenderung gemar menulis, membaca, bercerita, dan bermain permainan kata,

matematis:
2. Kecerdasan matematis logis, yakni kemampuan dalam menggunakan angka dengan baik.
Ciri Khas = Kecerdasan matematis logis: cenderung suka bereksperimen, tanyajawab, berhitung, memecahkan teka-teki logis, dan cara berpikirnya lebih ke penalaran.

spasial:

3. Kecerdasan spasial, yakni kemampuan mempersepsi dunia spasial-visual secara akurat.
Ciri Khas = Kecerdasan spasial: suka mendesain, menggambar, mencorat-coret, membayangkan sesuatu, dan cara berpikir cenderung melalui kesan dan gambar.

kinestetis-Jasmani:

4. Kecerdasan kinestetis-jasmani, yakni keahlian menggunakan seluruh tubuh untuk mengekspresikan ide/perasaan.
Ciri Khas = Kecerdasan kinestetis-jasman: gemar menari, berlari, membuat bangunan, dan cara berpikir melalui sensasi somatis.

Musikal:

5. Kecerdasan musikal, yakni kemampuan menangani bentuk2 musikal.
Ciri Khas = Kecerdasan musikal: suka beryanyi, bersiul, mengetuk-ketukkan tangan dan kaki, dan cara berpikir melalui irama dan melodi.

InterPersonal:

6. Kecerdasan interpersonal, yakni kemampuan diri dalam bersosialisasi dengan orang lain dengan baik.
Ciri Khas = Kecerdasan interpersonal: uka memimpin, mengorganisasi, menghubungkan, menebarkan pengaruh, menjadi mediator, berpesta, dan care berpikir dengan cara melemparkan gagasan kepada orang lain.

IntraPersonal:

7. Kecerdasan intrapersonal, yakni kemampuan dalam memahami diri sendiri.
Ciri Khas =
Kecerdasan intrapersonal: gemar menyusun tujuan, bermeditasi, melamun, merenung, dan cara berpikir berhubungan dengan kebutuhn, perasaan, dan cita-cita.

Naturalis:

8. Kecerdasan naturalis yakni adanya kepekaan dalam fenomena alam.
Ciri Khas =
Kecerdasan naturalis: suka bermain binatang, berkebun, peduli pada lingkungan, dan cara berpikir melalui alam.

jadi kecerdasan manusia menurut saya , tidak selalu bergantung dari satu kriteria aja
 
Informasi singkat tentang IQ

Intelegent quotient atau IQ ialah angka yang mana menjelaskan tingkat kecerdasan seseorang yang dibandingkan dengan sesamanya dalam satu populasi. Definisi asli dari IQ adalah mengukur kecerdasan dari anak-anak ketika: IQ adalah sebuah rasio dari umur secara mental dibagi umur secara fisik dan dikalikan dengan angka 100. Umur secara mental dihitung berdasarkan dasar dari rata-rata hasil di dalam sebuah tes yang dibagi dalam setiap kategori umur.

 

Jenis-jenis dari test IQ

Terdapat dua jenis dari test IQ:

Verbal:

1) Verbal – Jenis ini menentukan tingkat kemampuan untuk menemukan konsep umum dari contoh yang disajikan: “anjing, kucing, singa = hewan”, menentukan konsep yang tidak berkaitan dengan kelompok: “burung, kelinci, monyet, mobil”, menemukan keteraturan dalam angka-angka: “11,12,14,17,21”, memecahkan deretan angka, dan lain-lain.

Non-Verbal:

2) Non-verbal – Ini adalah tes yang didesain untuk mengukur kemampuan dalam membentuk kubus, mengorganisasikan gambar-gambar dari waktu tertentu dan urutan logika, membangun bentuk-bentuk dari bagian-bagian tertentu, dan lain-lain. Beberapa tes ini sering kali ditujukan untuk menjelajahi pikiran abstrak anda, atau yang kompleks maupun yang mendetail.

Ingatlah bahwa ketika anda menentukan untuk mengambil sebuah tes IQ, baik secara fisik maupun mental anda haruslah terasa santai, dan lakukanlah secara serius, yang mana akan membawa anda menjadi terkonsentrasi secara penuh.

Nih buat teman-teman yang belum tahu barapa tingkat krcerdasannya, atau mungkin ingin mengulang tesnya, gak perlu repot kok sekarang, gak perlu beli buku tes IQ, tinggal klik situs dibawah ini kalian dapat mengetahui seberapa tinggi IQ kalian, selamat mencoba,,,
1. IQTest
Bagaimana dengan IQ mu ?. Termasuk apakah anda, apa jenius, diatas rata – rata, rata – rata atau dibawah rata – rata.
1684022_039d
Ini Sertifikat yang gue dapat dari test IQ online tadi sobat..
.
.
.IQIni Screenshot dari hasil akhirnya..
Categories: Other", Rudhy59", Tips" | Tags: , , , , | 1 Komentar

Navigasi pos

One thought on “Interaval IQ (+Test IQ Mu Disini!)

  1. Ibnu Syinna

    Kalau Kami 131 Rudy

Komentar Sobat..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: